Welcome Guest [Log In] [Register]



Main Character


Gon Freecss

Killua Zaoldyeck

Kurapika

Leorio

Pengumuman!


1.Patuhi peraturan Siggy yang berlaku!!
2.Dibutuhkan jiwa seni yang kreatif untuk pembuatan logo, banner, dll. dari para member sendiri. Tertarik untuk berkontibusi?
**keterangan lebih lanjut: Klik Disini

Hunter's World


Welcome to Hunter x Hunter Domain.
Komunitas pecinta Hunter x Hunter Indonesia pertama dan terbesar.

Notice Board


Congratulation, Our new HxH Domain Examiner's roi137

Salam, Staff
Welcome to Hxh Domain. We hope you enjoy your visit.


You're currently viewing our forum as a guest. This means you are limited to certain areas of the board and there are some features you can't use. If you join our community, you'll be able to access member-only sections, and use many member-only features such as customizing your profile, sending personal messages, and voting in polls. Registration is simple, fast, and completely free.


Join our community!


If you're already a member please log in to your account to access all of our features:

Username:   Password:
Add Reply
  • Pages:
  • 1
  • 27
All about Nen
Topic Started: Aug 17 2007, 03:53 PM (13,061 Views)
N-K_Person
Member Avatar


karena gw ngefans banget sama nen, jadi gw buat topiknya.. yang di wikipedia juga agak kurang lengkap.. tapi gw males ngerubah, coz harus diskusi dan lain2 (padahal orangnya nggak pernah ada).. jadi gw buat topiknya..

klo mo digabung sih silahkan,, cuma karena bukan tes nen, rasanya nggak usah digabung ya^^

klo ada yang mau tanya2 silahkan.. ok, ikimasu




AURA
Nen artinya membakar aura. Sedangkan aura itu artinya energi kehidupan. Semua makhluk hidup mengeluarkan energi ini, yang biasanya keluar secara tidak sadar dalam bentuk panas atau listrik, yang jelas ada gelombangnya. Aura biasanya kerasa, misalkan ada orang lagi diikutin diem2, walaupun orang yang diikutin nggak ngeliat maupun denger, biasanya ngerasa lagi diikutin.

Intinya energi itu keluar dari tubuh begitu saja, tidak terkontrol, yang artinya nggak efektif, karena buang2 energi.

TEN
Cara untuk mempertahankan aura disekitar tubuh disebut ten. Biasanya ten bisa dipelajari dengan meditasi. Untuk kasus gon ama killua, digunakan teknik paksaan yang namanya gehou (mentransfer energi), sehingga energi2 negatif (kotoran) yang menyumbat souko (saluran aura keluar) bisa keluar, kayak pipa yang kotor terus dikasih air yang deres^^.
Ten berguna biasanya berguna untuk mempertahanakan diri dari aura/fisik lawan, menghemat energi, ama biar ga cepet tua^^...

ZETSU
Inget, aura bisa bikin orang yang jadi stalker ketauan... jadi dalam kasus seperti ini, sebaiknya aura tidak dibiarkan keluar dari dalam tubuh sama sekali. Cara untuk menyembunyikan/memendam aura dalam tubuh disebut zetsu. Sperti yang udah dibilang, zetsu berguna untuk menghilangkan keberadaan, juga klo lagi kecapean pake zetsu, supaya hemat energi. Tapi zetsu bikin kita nggak punya pertahanan (inget fungsi ten), dan nggak bisa menggunakan aura (akan dibahas nanti)

REN
Cara untuk mengeluarkan aura sekuat2nya disebut ren. Karena ren mengeluarkan aura dengan deres, maka biasanya bikin capek. Lalu apa gunanya ren? Tenang, dibahas dibawah.

HATSU
Ternyata, aura selain sebagai energi kehidupan, bisa digunakan untuk berbuat sesuatu. Ren mengeluarkan aura dari dalam tubuh, sedangkan cara untuk menggunakan aura itu untuk berbuat sesuatu disebut hatsu. Apa yang bisa orang lakukan dengan hatsu. Jawabannya tergantung dari tipe hatsu (yang biasanya ditentukan oleh kepribadian, garis keturunan, pengalaman hidup, dan lain2)..

dan tipe2 hatsu itu sebagai berikut:

Kyouka
Inti dari kyouka adalah bikin lebih kuat. Apa aja, dari petahanan, kekuatan serangan, kecepatan, ampe penyembuhan fisik. Hanya fisik (stau gw sih cuma fisik). Contoh, gon (dengan jajanken-nya), atau ubogin (yang memperkuat seluruh tubuhnya), atau phinx (dengan “reverse cylotron”-nya)
Ciri kepribadian: lugu, sederhana dan naif

Henka
Semua sifat material itu tergantung ama susunan elektron, gerakan elektron, dan energi di elektron itu. Henka mengubah sifat benda, yang artinya dia merubah elektronnya. Henka bisa mengubah materi dengan (semua) perubahan dari reaksi kimia, dari kepadatan, viscositas, adhesi kohesi, muatan listrik, panas benda, rasa, aroma, dan lain2. misal seseorang bertipe henka mau mebuat benda jadi punya tingkat magnet yang lebih, dia hanya perlu menginterpretasikan (merasakan dan mengingat) magnet, dan secara tdiak sadar dia bakal membuat setiap elektronnya jadi tidak berpasangan^^ (wew... kimia terapan)
Ciri kepribadian: tidak terduga, biasa mnyembunyikan kemauan, dan biasanya jadi pembohong, angin2an.. pokoknya ini orang santai banget jadi orang^^

Houshutsu
Houshutsu berurusan dengan jarak dan dimensi ruang. Houshutsu bisa melepas auranya dari tubuh dengan tetap tidak kehilangan kontrol akan auranya. Semua yang berhubungan dengan jarak houshutsu bisa. Mulai dari teleport, tembakan kamehame, warp, tracer, bikin ruangan dengan berbeda dimensi (kayak novu), dll. Karena technology warp dan teleport (yang sebenarnya (bukan pengiriman partikel)) belum ditemukan, maaf, gw tidak bisa menjelaskan secara fisika...m(_ _)m gomen
Ciri kepribadian:nggak sabaran, blak2an, ngeluarin semua apa yang dirasain.

Gugenka
Massa= energi (misal, klo kita pecah partikel, massanya bakal berkurang, tapi karena teknologi kita baru ampe titik terkecil quark, jadi blm terlalu jelas, yang jelas massa=energi). Bila massa dan energi bisa berputar teratur dan stabil, maka bakal ada materi. Inti dari gugenka itu menciptakan materi. Kayak kurapika (yang menciptakan rantai, bahkan rantai yang punya kekuatan khusus (misal membuat yang dirantai terjatuh dalam status zetsu)), korutopi (yang mampu meng-copy benda), kaito (yang bisa menciptakan senjata yang bisa berubah2), shizuku (yang bisa menciptakan vacum cleaner yang mampu mengurai materi), dll.
Ciri kepribadian: sensitif dan imaginatif (orang kayak gini jadi seniman aja!hehe)

Sousa
Inti dari sousa adalah mengontrol. Orang bertipe sousa bisa mengontrol orang, benda, dll. Kayak dihipnotis. Tapi sousa nggak bisa menggerakan kemauan orang. Misal, veze bikin targetnya jadi budak cintanya, tapi tetep aja target „asli“-nya nggak mau kayak gitu. Contoh orang dihipnotis jadi striper klo denger musik (hahahaha), tapi itu nggak berarti orang tersebut mempunyai kemauan seorang striper.. yang artinya, karena nen=aura dan aura=kemauan maka seorang bertipe sousa tidak bisa mengendalikan nen targetnya!
Ciri kepribadian: biasa beralasan logis, persuasif, biasanya suka ngomong atau pidato..suapaya orang menuruti maunya

Tokush1tsu (ini gara2 nggak bisa ngomong kasar jadi harus pake 1 bukan i)
Tokush1tsu adalah tipe hatsu yang spesial. Semua yang tipe lain nggak bisa, dia bisa. Karena orangnya biasa individualis (lihat ciri kepribadian), jadi dia harus bisa semua bidang, yang akhirnya dia bisa semua tekhnik tipe diatas (dengan effisiensi 100%). Hal2 spesial bisa dilakukan, biasanya berhubungan dengan kehidupan, kematian, aura (nen), waktu, takdir dan nasib, pikiran, dan lain2. misal, kuroro bisa ngambil nen orang, neon bisa ngeramal, kurapika bisa menggunakan tipe sousa dan houshutsu (padahal fungsi aslinya gugenka)...
Ciri kepribadian: individualis, rumit, dan beberapa kasus karena dia spesial (keturunan raja, ksatria, atau hanya karena kembar)


Posted Image


Ini diatas adalah bagan hatsu. Makin jauh hatsu yang mau dipelajarinya, makin susah (susah dipelajari dan diingat rasanya, karena kepribadiannya nggak match dengan cara pikir yang diperlukan) dan makin tidak effisien. Contoh ada orang bertipe kyouka punya mau mempelajari skil lain. Maka efisiensi dia menggunakan skil henka dan housuhtsu adalah 80% (yang artinya untuk 100% kekuatan dia butuh ((100/80)-100=) 25% energi ekstra) sedangkan untuk skill sousa dan gugenka efisiensinya 60% (yang artinya untuk 100% kekuatan dia butuh ((100/60)-100=) 66,7% energi ekstra). Sedangkan skill tokush1tsu 0% (karena spesial).

Atau orang berhatsu gugenka mau mempelajari skill yang lain. Maka effisiensi untuk henka=80%, sousa dan kyouka=60% dan houshutsu=40%. Tokush1tsu tetep 0%

Terus, kenapa tokush1tsu ada disitu? Rugi donk orang yang punya hatsu gugenka dan sousa?! Hatsu orang bisa berubah dari pas dia lahir. Misal orang berhatsu asal gugenka, tapi keadaan situasi lingkungan kurang normal, dan dia memutuskan untuk nggak peduli (daripada pusing2), klo ditanya jawab sekenanya aja, atau bahkan boong.. maka hatsunya bisa berubah jadi henka. Berubah jadi kyouka atau bahkan houshutsu juga bisa, tapi kemungkinannya kecil. Orang yang paling besar kemungkinannya untuk jadi tokush1tsu adalah orang bertipe gugenka dan sousa... begitu..


Ahhh,,, capek!!! Mudah2an berguna dh dengan omong panjang ini.. klo mau tanya, tanya aja, gw dengan senang hati jawab...^^
:)

Edit...

Karena masih ada yang blm gw kasih tau.. yaitu tentang kombinasi dari teknik2 dasar...

GYO
Gyo adalah cara untuk memusatkan aura.. sehingga aura pada bagian tertentu lebih banyak/besar tingkat energinya dibanding bagian tubuh yang lain.. biasanya gyo dipusatkan ke mata.. jadinya mata bisa ngeliat aura... tanpa gyo sebetulnya juga bisa (kayak pas pertama kali killua dan gon dibuka shouko-nya, dia bisa ngeliat auranya keluar).. tapi kurang jelas... pokoknya.. makin banyak aura yang keluar dari mata, makin jelas bisa ngeliat aura... gyo juga teknik penting untuk berantem.. nanti dijelasin..

KEN
Ken adalah teknik gabungan ren dan ten.. seperti ren, aura dikeluarkan.. tapi lebih kuat lagi, sehingga bisa berfungsi melindungi diri... (klo susah bayanginnya, bayangin aja aura sebagai air...)... jadi, klo pake ken, bakal lebih capek dari ren..

SHU
Shu adalah teknik untuk menganggap suatu benda sebagai bagian tubuh si pengguna.. jadi di benda itu juga akan dialiri aura...

EN
En adalah teknik untuk memperluas jangkauan ten.. biasanya ten cuma beberapa cm aja dari permukaan tubuh.. paling banyak juga 10 cm... dengan En bisa diperluas sejauh yang diperlukan (tergantung kemampuan masing)... kepekatan auranya juga tergantung si pemakai.. tapi yang jelas lebih nggak pekat dibanding ten... En biasanya tidak digunakan sebagai pelindung (karena kurang pekat), tapi lebih memanfaatkan jangkauannya untuk mendeteksi segala benda yang ada di jangkauannya..

IN
IN, gabungan dari ren dan zetsu.. maksudnya, aura dikeluarkan,, tapi nggak dibiarin bocor/menguap.. misal, kurapika saat kurapika menggunakan in (pas lawan ubogin), dia ngeluarin sejumlah aura (yang kira2 bentuknya panjang) untuk membuat rantai... tapi aura yang panjang itu sama sekali nggak bocor.. karena aura bisa menunjukan keberadaan.. klo auranya kerasa, ubogin bakal tau bahwa dia lagi ditempelin aura..
Sama kayak pas hisoka menggunakan bungee gum, dia ngeluarin aura, dan nempelin di pipi gon, tapi gon sama sekali nggak nyadar..

KOU
Kou, gabungan dari semuanya..ten, ren, zetsu, hatsu, dan gyo... maksudnya, mengeluarkan aura dengan maksimal (kayak ken) pada bagian tubuh tertentu sedangkan bagian tubuh lain nggak dikasih aura (zetsu).. jadinya di tempat yang keluar aura, aura bisa keluar dengan maksimal..
Ini jelas sangat kuat... buat serangan bisa kuat banget (kayak „jan ken gu“-nya gon)buat perlindungan amat canggih.. masalahnya bagian lain sama sekali nggak terlindungi oleh aura.. jadi harus liat sikon.. klo nggak jelas, musuh mo nyerang bagian mana, mendingan pake gyo aja, jangan kou..



Tambah lagi ya^^:

dalam dunia nen dikenal teknik meperkuat yang cukup nggak main2, yaitu dengan cara memberikan batasan, syarat dan resiko, atau apapun itu..

misal:
-kurapika yang membatasi chain jailnya agar cuma bisa dipake untuk menangkap ryodan,, klo nggak dia kehilangan nyawanya
-kaito yang bikin syarat: apapun senjata yang keluar walaupun nggak suka, harus tetep dipake
- franklin yang motong jari2nya supaya keliatannya lebih keren
- gon, yang harus ngomong jajankennya...
- veze yang harus mencium targetnya dulu...

dan sebagainya



yang mau tanya2 silahkan ya^^
Posted Image
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Kanno-Chuama
Member Avatar
WILDLIFE HUNTER

WHOAAA!! COOL!!

thanks bgth yah buat NK O_^b
berguna bgth neh!!

maap yah klo di topik ini dlunya ga ada pembahasan ttg nen,,,cuma tes nen doank ^^;;
tapi berkat NK, hal2 ttg nen jadi bs lebih jelas,,,

btw, welcome newbie O_^
I LOVE MY EMO KURAPII~

YM: kur4_ch4n

Tempat nongronk:
Posted Image Posted Image Posted Image
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
okeyzz
Member Avatar
BLACKLIST HUNTER

alo enka.. enka met gabung y.. :D
cuma aku agak familier dgn nick km, di forum KG, bener ga?
siggy
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
killua_holic
Member Avatar
ARCHEOLOGY HUNTER

wah berguna bgt nih!!
coz selama ni gw cm paham macam hatsu doank
embel2 na g begitu ngerti
:lol:

oh y mo tny jd nen itu g bs abis y???
Spoiler: click to toggle

Posted Image
killua cute!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
------------------------------------------------------------
Posted Image
http://i732.photobucket.com/albums/ww329/r...1ce1b3ed1-1.jpg
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Neira_Yen
Member Avatar


fans sejati hxh 0_<b

met datang~~
Posted Image
udah lama nga gambar jadi malas >,<"
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Kanno-Chuama
Member Avatar
WILDLIFE HUNTER

okei: forum KG?? apa tu?? okei kenal NK ta??O_O

wew,,,yg namanya nen itu ga mgkn abis,,,
soalnya itu kan semacam aura yg kluar dr diri kita,,,
I LOVE MY EMO KURAPII~

YM: kur4_ch4n

Tempat nongronk:
Posted Image Posted Image Posted Image
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
okeyzz
Member Avatar
BLACKLIST HUNTER

betul.. betul, nen ga akan habis kecuali jiwa dan raga mati. betul ga ya? ga yakin.

KG = Kafe Gaul
bukan 'knal' tp 'tau' cz N-K termasuk senior di KG.

Trus sblomny (kalo ga salah) dy juga pernah poting topik ini, lbh kurang isinya sama.

dulu sempet mw copy/paste bbrp bagian, tp itu mlanggar hak cipta. utg enka dtg ksini ^^
siggy
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
killua_holic
Member Avatar
ARCHEOLOGY HUNTER

jd nen itu unik y
g kyk kekluatan d anime laen kyk chakra di naruto
Spoiler: click to toggle

Posted Image
killua cute!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
------------------------------------------------------------
Posted Image
http://i732.photobucket.com/albums/ww329/r...1ce1b3ed1-1.jpg
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
N-K_Person
Member Avatar


sorry, baru dateng lagi^^

hmm... mungkin daripada ngomongnya "nen itu bisa abis ya?", lebih tepat ngomongnya "aura itu bisa abis ya?"

coz nen itu nama teknik, bukan bendanya.

bendanya namanya aura.


aura bisa abis apa nggak.. hmm...

klo kita makan, dan menyerap energi dari makanan itu, nanti kita juga akan mengeluarkan energi itu kan?

misalnya buat jalan, buat mikir dan lain2.. dan ternyata ada juga yang berubahnya jadi aura.

biasanya kita itu ngeluarin energi cuma dalam bentuk listrik (misal klo lagi mikir, kita itu pake listrik.. syarafnya), dalam bentuk energi mekanik, dan dalam bentuk panas..

ternyata nggak cuma 3 itu.. tapi juga bisa dalam bentuk lain, yaitu aura.



balik ke pertanyaan, bisa abis apa nggak..


manusia selalu menghasilkan aura yang baru lagi.. terus menerus gitu.. selalu menghasilkan aura lagi.

tapi klo pertanyaannya bisa abis apa nggak, jawabannya bisa abis. (biasanya klo abis orang bakal pingsan aja)

cuma nanti diisi lagi. (klo blm mati^^)


tapi klo keabisan auranya terlalu parah, dia bakal mati.



iya gw anak KG... gw di dunia internet namanya N-K_Person terus. nggak pernah yang lain.. jadi terkenal :D ahhahahah





klo dibandingin sama chakra di naruto.. pada dasarnya sih sama ya..

chakra=aura. sama2 bisa dijadiin macem2, sama2 bisa abis, sama2 energi kehidupan.


walaupun banyak kesamaannya, cuma gw pribadi lebih suka konsep nen di hunterxhunter, soalnya lebih scientific.
Posted Image
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
okeyzz
Member Avatar
BLACKLIST HUNTER

gud gud *manggut-manggut*

kita bs praktekin nen ga? pengen punya nen nih ^^
siggy
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
N-K_Person
Member Avatar


KATANYA sih bisa, klo kita rajin meditasi...


tapi ya gw denger minimal meditasi 10 tahun.. gw dah males duluan.. jadinya nggak jadi^^
Posted Image
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
killua_holic
Member Avatar
ARCHEOLOGY HUNTER

hah ms sih mesti nunggu 10 thn!!!
kl msh seusia kanno dkk sih gpp kl gw gmn???
dah jd om2 donk!!!!!!!! XD

mending pk gehou j



O_o jd nen itu bnr2 ada y?
trus2 bs smp level na kura or kuroro gt g? :P
Spoiler: click to toggle

Posted Image
killua cute!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
------------------------------------------------------------
Posted Image
http://i732.photobucket.com/albums/ww329/r...1ce1b3ed1-1.jpg
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Hunter_Hyosoka
Member Avatar


kl nen disamakan dengan aura tubuh ya berati nen itu emank ada.....
ya mungkin contoh sebagian orang yg punya tenaga dalam gt
Posted Image

The Dead Joker's....

------------------------------------------------------------------------------------
Posted Image
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
killua_holic
Member Avatar
ARCHEOLOGY HUNTER

kl nen=aura=tenaga dalam
berarti byk org yg nguasain nen donk


tp ni bnr2 bs diterapin g sih?????
N-K srng2 OL dunk!!!!!!
Spoiler: click to toggle

Posted Image
killua cute!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
------------------------------------------------------------
Posted Image
http://i732.photobucket.com/albums/ww329/r...1ce1b3ed1-1.jpg
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
N-K_Person
Member Avatar


nen kemungkinan sih ada.. cuma nggak tau.

di shaolin misalnya, ada yang dengan meditasi, dia belajar buat memanaskan tubuhnya sendiri.. waktu itu pernah disuruh ngeringin pasir yang dicampur air dalam sekejap bisa.. tapi dia sendiri juga jadi kepanasan..


well,, sebetulnya banyak yang bisa dianggep sebagai nen.. cuma fakta ilmiahnya blm mendukung.. jadi kita masih blm tau
Posted Image
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
DealsFor.me - The best sales, coupons, and discounts for you
Go to Next Page
« Previous Topic · Auction in York Shin · Next Topic »
Add Reply
  • Pages:
  • 1
  • 27




affiliates! contact us!


My Chat!